Workshop Leadership Penuh Tawa Bersama HIMMATA

Minggu, 26 April 2015 lalu dengan nama baru, Sanggar Kreatif kembali mengadakan workshop untuk anak-anak. Kali ini, kami bermain sambil belajar bersama adik-adik HIMMATA (Himpunan Masyarakat Marginal Kota), Koja, Jakarta Utara. Atas permintaan, kami mengisi Workshop bertema Leadership. Karena mereka tentunya sudah belajar dengan papan tulis dan penjelasan bla bla bla dari guru, Sanggar Kreatif menghindari kegiatan belajar seperti itu. So, we had some games to learn and laugh together.
Happy together
Untuk mencairkan suasana siang yang panas, kami bermain ‘sambung kalimat’. Tiap orang dalam lingkaran harus menyambung kalimat teman sebelahnya sesuai urutan. Tidak boleh banyak berpikir tentang kalimat apa yang harus dilontarkan. Ucapkan saja yang yang terbesit di pikiran. Begitu aturannya. Dari game ini, terbentuk beberapa cerita. Ini salah satunya.
Ada kecoak terbang. Dia terbang ke bahuku. Aku lalu memukulnya, tapi tidak kena. Aku lari ke dapur. Aku melihat kecoak itu lagi. Akhirnya, aku memasak kecoak itu. Aku menumis kecoak. Lalu, aku memakannya. Rasanya enak sekali. Ah, tidak. Itu menurut dia, menurutku pasti tidak enak. Aku sakit perut. Aku mati. Aku lalu hidup lagi. Aku jadi dendam dengan kecoak. Kecoak itu terus bergentayangan setiap hari. Aku lalu tidur. Lalu aku bangun. Ketika bangun, aku sadar bahwa itu semua hanya mimpi.
Semua tertawa, gara-gara kecoak! Oh my God. Bahagia itu sederhana.
Game selanjutnya adalah mendirikan gedung dari sedotan. Anak-anak dibagi menjadi lima kelompok. Gedung sedotan yang paling kokoh dan paling tinggi akan menjadi pemenang. Dalam game ini, dalam beberapa waktu, kelompok akan dirotasi untuk berpindah ke gedung yang lain.
Lagi serius 🙂 
Gedung Sedotan


Siapakah yang menghancurkan gedung kelompok lain supaya kelompoknya menang?

Siapakah yang tetap mendirikan gedung dengan tanpa memerdulikan dimanakah dia akan berhenti dalam rotasi kelompok?
Siapakan yang memutuskan konsep pendirian gedung?
Siapa yang diam saja melihat temannya berpikir cara mendirikan gedung?
Game ini memberikan banyak pelajaran. Untuk hari yang cerah dan tawa bahagia. Terima kasih adik-adik super HIMMATA. Mari terus membentuk senyuman alam bersama. Terus bermimpi, tetap berusaha, dan selalu berdoa. Tak ada peluh yang terlupa oleh-Nya.  

Kegiatan kami sebelumnya: Cerita Indah Anak-Anak Lokalisasi Rawamalang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: