Tentang Menikah dan Ridho Orang Tua

Pada postingan sebelumnya, gw ngobrolin tentang menikah, is it about love. Nah, kali ini gw mau cerita tentang menikah dan ridho orang tua.

Pernah nggak sih ketemu kisah cinta yang katanya nggak disetujui orang tua?

Hahaha…

Ups, maaf gw nggak bermaksud menertawakan. Tapi, kalau lo masuk dalam kategori masalah itu, buruan deh cari cara biar hubungan cepat berakhir. Sorry, gw to the point bangat kalau ngomong. Tapi, ya memang itu pilihan terbaik. Why?

Pernah dengar Ridho Allah ada pada Ridho Orang Tua?

Nah, ini dia alasan paling utama untuk nggak melanjutkan hubungan ketika orang tua say no. Percaya aja, orang tua pasti punya alasan tertentu kenapa nggak menyetujui. Waktu itu, abang gw pernah mau menikahi seorang wanita. Dan, nyokap gw kurang ‘sreg’ hanya berdasarkan feeling. Iya, feeling. Tapi, karena nyokap sendiri nggak bisa menjelaskan alasannya, abang gw tetap melanjutkan hubungan ke arah serius. Eh, tiba-tiba abang gw cerita kalau dia putus. Karenaaa….ceweknya selingkuh. See?

Atas dasar alasan ini, sejak itu abang gw selalu mengenalkan wanitanya terlebih dahulu pada nyokap. Kalau nyokap say yes, dia lanjut. Dan kalau nggak, dia bakal cari cara untuk mengakhiri. Biasanya sih dia udah minta persetujuan pas masa pedekate.

Same thing goes to me. Hubungan gw pernah kandas karena nyokap kurang setuju. And, yes. Cuma karena hal kecil, yaitu karena dia bukan orang jawa. Hahaha. Ini alasan klise banget. Tapi, ternyata ada hal yang akhirnya gw mengakhiri hubungan meski bukan karena suku itu. Izin orang tua sedasyat itu. Suer!

Nah, dengan orang yang sekarang menjadi suami gw, dia adalah orang yang nyokap bokap gw kenal sejak gw masih SMP. Yaiyalah, doi sering anter jemput gw waktu zaman-zaman Pramuka/OSIS. So, ketika doi mendekati gw dengan arah pernikahan, saat itu juga gw langsung minta persetujuan nyokap bokap untuk melanjutkan atau nggak. Percayalah, nyokap bokap akan mengatakan hal ini.

“Terserah kamu. Kalau kamu mau yaudah. Kalau kamu merasa cocok ya nggak apa-apa.”

Suer, ini juga jawaban klise. Tapi, yang bikin beda adalah nadanya. Kita sebagai anak pasti tau nada ketika orang tua setuju dengan ketulusan hati atau tidak.

So, Ridho orang tua adalah hal paling utama dalam pernikahan. Re u agree?

GIzsya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: