Bye-Bye Kantong Plastik

Siapa yang minggu lalu ikut kerja bakti nasional? Hayoo, unjuk gigi..
Yap, 21 Februari minggu lalu adalah Hari Peduli Bebas Sampah 2016 yang diperingati dengan kerja bakti nasional di seluruh Indonesia. Para volunteer di kepanitiaan Bebas Sampah 2020 kali ini, emang kece badai. Hal ini tentu juga karena masyarakat Indonesia yang juga peduli dengan keberadaan sampah yang makin menggunung.
Berhasil menjadi trending topic, Minggu, 21 Februari 2016 kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar berlangsung di 34 provinsi di Indonesia, dilaksanakan di 155 kota, dan diramaikan oleh 1024 komunitas! Siapa bilang masyarakat kita itu nggak peduli? Kita masih peduli kok. Masih banyak masyarakat Indonesia yang takut kebanjiran dan tentunya nggak mau pindah ke Mars. Hal ini tentunya membuktikan bahwa jiwa masyarakat kita msih sehat, guys.

HPSN 2016 makin kece karena emang jatuh di hari Minggu dan merupakan hari Car Free Day berlangsung di ibukota. Mulai dari Pak Jokowi, Pak Ridwan Kamil, dan public figure lain turun ke lapangan untuk kegiatan ini. Kontribusi anak-anak alay sosial media juga ikut andil dalam kesuksesan acara ini loh. Ini nih bukti kalau alay kadang ada gunanya. Hehe..
Nah, buat lo yang rajin nongkrong di sevel, pasti udah tau kalau sekarang kantong kresek itu bayar. Hahaha.. yes! Mungkin hal ini sederhana, tapi inshaa Allah akan mengurangi gundukan sampah plastik yang semakin menggunung.
Kita harus bayar Rp 200,- untuk satu kantong kresek di tempat-tempat seperti Seven Eleven, Carefour, Indomaret, Alfamart, dan para sepupunya yang lain. Kenapa nggak sekalian Rp 20.000 aja yak? Kan kalau mahal ntar pada bawa kantong sendiri kalau belanja.
Yaa, walaupun kantong plastik berbayar ini belum berlaku di abang-abang tukang gorengan, hal ini tetap menjadi langkah baru untuk pengurangan sampah. Sampah plastik itu butuh ratusan tahun untuk hancur. Belum lagi sampah kertas, sampah kaleng, apalagi sampah mantan. Shit!
Menurut riset World Economic Forum, tahun 2050 berat sampah plastik di lautan akan lebih besar dibanding total berat ikan. Omaigat, jangan donk. Gw masih suka makan kerang dan ikan.
So, yuk mari ikut selamatkan bumi. Di Mars nggak ada bunga mawar, ikan tuna, hutan bakau, hutan tropis, apalagi coffee shop. Let’s say bye-bye to Kantong Kresek demi Indonesia Bebas Sampah di 2020.
Gizsya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: