Sanggar Inggris

Komunitas ini gw kasi nama SANGGAR INGGRIS. Kenapa? Pertama, karena gw ga (belum) punya gedung (ceile) sendiri buat ngajar anak-anak. Kedua, pertama kali komunitas ini ada, gw numpang di sanggar teaternya panti asuhan Himmata, Tanah Merah, Koja,  Jakarta Utara. Ketiga, tema kita paling utama tiap ketemu adalah Bahasa Inggris walaupun akhirnya sesuai permintaan adik-adik tercinta. Itu sejarah namanya.

Sejarah kenapa komunitas ini ada…
Ceritanya, gw seneng banget maen sama anak-anak. Main petak umpet lah, lari-lari di lapangan lah, main bola, sampe dengerin mereka curhat. Gw bandingin sama waktu gw belajar di kelas, mereka lebih seneng kalau belajar sambil main.
Contoh konkritnya. Mereke gw minta buat nyari puluhan batu dalam beberapa menit, terus gw tanya, “5 kali 4, berapa hasilnya?” Terus mereka pontang panting nyari 20 batu. Nah, ternyata mereka lebih senang yang kayak begituan.
Waktu gw ngajar sains. Gw jelasin panjang kali lebar tentang tata surya.., yah mereka anteng dengerin  gw, tapi waktu gw tanya pada nggak ngerti. Nah, waktu gw minta namain bola pake nama planet, terus disusun dari mulai matahari sampai planet terjauh dari matahari, cepat banget ingetnya.
Waktu anak-anak curhat tentang sekolah mereka, sering banget gw dapat curhatan tentang nilai jelek di mata pelajaran Bahasa Inggris. “Karena tulisan dan cara pengucapannya nggak sama, Kak.” Itu alasan yang paling sering gw dapat. Atau, “Gurunya kejam, Kak.” Alasan ini nggak banyak, tapi ada…
Nah, karena itulah komunitas ini ada. Kita gabung buat sama-sama mengenal Bahasa Inggris yang ternyata‘nggak sulit’ dengan orang-orang yang ‘fun’ pula. Secara, nggak ada yang kejam. Yang ada itu ganteng dan cantik (kayak gw, hehe).
Nah, ngapain aja sih  ini komunitas?
Gw dan beberapa teman gw yang udah gabung, bareng-bareng belajar Bahasa Inggris di sini. Bukan belajar untuk meningkatkan kualitas Grammar, Listening, Writing apalagi TOEFL..tapi sharing tentang ‘HOW FUN ENGLISH IS’.
Anak-anak berpikir kalau Bahasa Inggris itu sulit. Jadi kita akan sama-samasharing bahwa Bahasa Inggris yang tulisannnya beda sama pengucapannya itu, FUN.Secara, bisa bikin olahraga lidah. Kalau kata Socrates, “Aku adalah apa yang aku pikirkan.” Jadi, kita akan buat anak-anak menganggap bahwa Bahasa Inggris itu asyik sehingga mereka bisa belajar dengan senang hati.
Caranya? Kita akan bermain bertema Bahasa Inggris. Main kereta api sambil ngoceh-ngoceh vocabulary, main bola sambil namain bola pake nama hewan dalam Bahasa Inggris, atau nyanyi-nyanyi Bahasa Inggris. All is fun with English!
Siapa anak-anaknya?
Mereka yang mau gabung. Siapa aja tanpa batasan usia selagi tergolong anak-anak. Baik yang sekolah atau nggak sekolah. Sejauh ini kami datang ke satu persatu komunitas/rumah singgah anak sekitaran Jakarta.
Kalau mau gabung jadi volunteer?
Siapa aja boleh. Mahasiswa/i, tamatan SMA, udah kerja, pengangguran, siapa aja yang usianya udah nggak anak-anak.Nggak harus jago Bahasa Inggris, pake CV, atau wawancara dulu. Pokoknya, siapa aja lo dari latar belakang apa aja, gabung aja! Yang penting mau maen sama anak-anak istimewa itu.
Kalau mau gabung, caranya:
·        Tanya langsung kalau ketemu
·         Mensyen/ DM gw (@gizsyaresha)
·         Teriak di FB (http://www.facebook.com/gizsyaresha)
·         Tanya lewat email (gizsyaresha@gmail.com)
Oiya, kalau mau jadi donatur buat beli kamus Bahasa Inggris dsj, beuh gw tunggu banget itu. Hehe.. Silakan kontak gw aja. Atau, kalau lo punya/tergabung dalam komunitas lain dan ingin kerja sama buat ngasi workshop dsj, juga silakan kontak gw. Semuanya, dalam hal berbagi…
Ahh, satu yang pasti, “Ketika berbagi, lo bakal menemukan sisi kehidupan yang indah! Garansi daahh…”
With Love
Sanggar Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: