Cinta dan Persahabatan

Cinta dan persahabatan. Dua hal yang berbeda.
 Klise jadul, katanya persahabatan mampu menumbuhkan cinta, bahkan selalu melahirkan cinta. Ahhh..
Salah satu twit teman gw nangkring di TL, “Kalau persahabatan berubah jadi cinta, ketika cinta itu hancur, maka akan marusak persahabatan juga.”
Di reply sama teman gw yang lain, “Persahabatan hancur? Tergantung gimana pasangan itu putus kali..  Tergantung gimana masalah dan gimana pasangan itu nge-handle..”

Gw nggak jago berfilosofi tentang cinta dan persahabatan. Gw nggak punya banyak referensi. Tapi, setidaknya, gw merasakan apa itu persahabatan, walau belum tau pasti apa itu cinta. Hehe..
Kalau dari ceritanya Donny Dhirgantoro di 5 cm-nya, cinta dan persahabatan itu dua hal yang berbeda. Gw setuju nggak pake mikir ama hal ini. Kenapa?
Genta memendam perasaan pada Riani. Zafran, Arial, dan Ian meyakini hal ini. Zafran menyukai Dinda. Itu terjadi blak-blakan. Namun, ternyata.. Riani mencintai Zafran, Dinda menyukai Genta. Singkatnya, Riani yang dicintai Genta, mencintai Zafran yang ternyata mencintai Dinda yang mencintai Genta.  Berdasarkan formula, ada yang nyatu? Kagak! Ending cerita? Riani dan Zafran nyatu! Genta dan Dinda? Baik-baik aja tuh. Persahabatan hancur? Nggak!
Pepatah Jawa, “Witing Tresno Jalaran Soko Kulino”.Artinya, “Cinta itu ada karena biasa.”
Biasa bareng, biasa ketemu, biasa candaan, biasa jalan. Jadi inget peribahasa, “Alah bisa karena biasa”..(Lah, ngaco kan?)
Realitanya, emang sering banget kejadian kalau dalam persahabatan akan terjadi cinta jika di dalam persahabatan tersebut ada perbedaan gender (cewek dan cowok maksud gw). Salah? Nggak! Wajar atuh. Karena sering bareng jadi udah kenal, tumbuh deh benih-benih cinta. Boleh? Boleh! Pake banget!
Gw nggak tau pasti defenisi cinta dan persahabatan untuk dikorelasikan secara logika. Pokoknya, logikanya, cinta itu nggak pernah salah. Yaiyalah, simpelnya..cewek dan cowok itu emang naluriah bisa jatuh cinta. Yang sering salah itu, gimana cara menanggapi dan menjalani. Jika cinta terjadi dalam persahabatan? Logis!  Selagi cara menanggapinya baik dan dijalani dengan baik, nggak akan merusak persahabatan. Jika tidak, tetap tidak akan merusak persahabatan. Kenapa? Cinta dan persahabatan adalah dua hal yang berbeda.
Persahabatan adalah ruang  menjadi diri sendiri. Tidak dikritik, tidak disalahkan,..ia diterima dalam kondisi apapun. Ruang bebas untuk tidak berpura-pura.  Ruang bebas “who you are”.
Cinta? Dua hati jadi satu. Saling melengkapi. Itu singkatnya yang gw tau.
Silakan jatuh cinta dalam persahabatan. Ia tak akan merusak apapun. Karena, persahabatan itu ruang bebas.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: